julesarkley’s blog

Jules Arkley is a small business collaborator, content writer and digital marketer with over 10 years of work experience in content writing, marketing, brand communications, and public relations.

Media Pembelajaran Pendidikan Untuk Sekolah

Media Pembelajaran untuk Sekolah (SIDIA)

Media Pembelajaran untuk Sekolah (SIDIA)

Berkembang pesatnya teknologi di masa sekarang ini menggiring manusia ke dunia digital dengan banyak teknologi canggih yang dianggap lebih praktis dan membantu. Perkembangan teknologi juga terjadi di dunia pendidikan. Hal ini dibuktikan dari banyaknya aplikasi edukasi, e – book, hingga e – learning yang banyak memanfaatkan gadget dan internet sebagai media pembelajaran. Salah satu aplikasi edukasi anak yang banyak digunakan adalah SIDIA. Apakah Anda sudah mengetahui apa itu SIDIA? Berikut ini beberapa penjelasan mengenai SIDIA lengkap dengan penjelasan berbagai fitur dan kelebihan yang dimiliki :

Mengenal lebih jauh apa itu SIDIA

SIDIA merupakan singkatan dari Sistem Edukasi Arfadia yang diproduksi oleh PT. Arfadia yang merupakan salah satu perusahaan terkemuka yang bergerak di bidang Teknologi Informasi dan Multimedia di Indonesia. SIDIA sendiri merupakan suatu software (perangkat lunak) sebagai media pembelajaran pendidikan. Aplikasi edukasi anak ini cocok digunakan siswa di beragam usia, mulai dari SD, SMP, hingga SMU, yang mencakup berbagai mata pelajaran mulai dari pelajaran Matematika, bahasa Indonesia, IPA, IPS, PKN hingga Teknologi Informasi. Dengan banyaknya konten yang dimiliki SIDIA ini, memungkinkan penggunanya untuk belajar berbagai mata pelajaran dalam satu aplikasi saja. Hal ini tentu lebih praktis dan dapat menghemat waktu karena sebagai pengguna, Anda tinggal mengganti mata pelajaran lain yang ingin Anda pelajari selanjutnya tanpa perlu berganti buku pelajaran.

Software Sekolah dan Aplikasi Edukasi SIDIA

Software Sekolah dan Aplikasi Edukasi SIDIA

Dalam dunia pendidikan modern, penggunaan software (perangkat lunak) pendidikan digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dengan adanya banyak pilihan software pendidikan termasuk SIDIA yang berisi modul berbagai pelajaran di sekolah, para siswa memiliki banyak pilihan cara belajar, selain dengan menggunakan buku pelajaran yang biasa dilakukan sejak dulu. Tidak hanya membantu proses belajar siswa, adanya aplikasi edukasi ini sangat membantu juga bagi para guru. Aplikasi edukasi SIDIA ini dapat digunakan sebagai bahan ajar atau acuan materi pelajaran yang akan disampaikan saat mengajar murid di kelas.


Testimoni SIDIA - Media Pembelajaran Sekolah (Software Media Pendidikan)

Beragam fitur dalam SIDIA

Sebagai aplikasi pendidikan yang ditujukan untuk anak usia sekolah mulai dari SD hingga SMU, aplikasi SIDIA memiliki berbagai fitur. Beberapa fitur yang dimiliki aplikasi edukasi anak yang satu ini antara lain :

  • Fitur E – book

Adanya fitur e – book dalam SIDIA memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai buku panduan dengan versi digital yang dapat dibuka melalui perangkat elektronik seperti smartphone, tablet hingga laptop. Fitur E – book yang tersusun atas teks dan gambar digital ini menawarkan kemudahan akses, di mana Anda sebagai pengguna dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja. Berbagai materi pelajaran yang ada di aplikasi SIDIA dilengkapi dengan foto, gambar, video, animasi dan suara sehingga proses belajar menjadi lebih menarik. E – book yang ada di aplikasi SIDIA dapat diunduh secara gratis, yang dapat disimpan dengan beberapa tipe file yang dapat Anda pilih sesuai dengan preferensi.

  • Fitur E – learning

Fitur E – learning yang dimiliki aplikasi pendidikan anak yang satu ini dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran mandiri oleh siswa yang dapat disimpan di komputer. Dengan adanya fitur E – learning dalam SIDIA, memungkinkan adanya kemudahan akses mengenai bahan pembelajaran yang dapat dilakukan baik oleh guru ataupun siswa.

  • Fitur E – library

Fitur E library bermanfaat bagi Anda yang memerlukan berbagai informasi pembelajaran. E – library memuat berbagai koleksi buku elektronik di segala mata pelajaran yang dapat Anda akses dengan mudah. Fitur E – library juga dapat digunakan untuk mendukung pengembangan manajemen perpustakaan, di mana di dalamnya terdapat fitur perencanaan pengadaan buku baru, hingga pengklasifikasian dokumen secara dinamis. Dalam pengklasifikasian dokumen, dapat disesuaikan pula dengan kebutuhan masing – masing sekolah, dan digunakan selayaknya perpustakaan pada umumnya dengan mengatur setting profil setiap buku / dokumen seperti tersedia atau tidak, peraturan terkait denda, batas peminjaman buku, hingga setting buku tamu dan anggota.

  • Fitur chat

Aplikasi pendidikan SIDIA ini juga dilengkapi dengan fitur chat yang memungkinkan adanya komunikasi antar pengguna aplikasi dengan praktis dan mudah tanpa perlu membuka aplikasi lain secara terpisah.

  • Multi user

Adanya fitur multi user dalam aplikasi SIDIA memungkinkan aplikasi ini diakses oleh banyak pengguna yang jumlahnya tidak dibatasi. Sehingga bagi Anda yang memiliki aplikasi ini tidak perlu khawatir kesulitan untuk mengakses, karena aplikasi telah dirancang untuk diakses banyak pengguna.

  • Editable

Aplikasi ini memberikan cukup kebebasan untuk mengedit konten yang dibuat di dalamnya. Seluruh konten yang ada di aplikasi SIDIA dapat diedit, ditambah maupun diperbaharui sehingga informasi yang ada di dalamnya selalu berkembang dan up to date.

  • Isi konten yang tidak dibatasi

Fitur ini memungkinkan Anda mengupload konten tanpa ada batasan. Aplikasi SIDIA dapat menampung ribuan hingga puluhan ribu konten. Dengan demikian di dalam aplikasi ini Anda dapat mendapatkan berbagai informasi tanpa batas yang dapat Anda akses dan dapatkan kapan saja.

 

f:id:julesarkley:20190317113012j:plain

Kelebihan aplikasi edukasi yang dimiliki SIDIA

Selain berbagai fitur menarik di atas, aplikasi SIDIA memiliki berbagai kelebihan yang tentunya dapat memudahkan Anda sebagai pengguna aplikasi edukasi anak ini, diantaranya :

  • Memiliki setting akses yang terdiri dari beberapa klasifikasi pengguna, seperti administrator, petugas perpustakaan, tamu, pimpinan, hingga anggota pengguna aplikasi yang memiliki menu akses yang berbeda – beda.
  • Buku elektronik (e – book) yang ada di aplikasi edukasi ini dilengkapi dengan fitur atribut dokumen, mulai dari abstrak buku, kode ISBN, lokasi buku, dan informasi lain yang dapat ditambahkan secara dinamis pada setiap dokumen e – book.
  • Dilengkapi dengan fitur laporan buku favorit. Dengan adanya fitur ini memungkinkan Anda untuk mengetahui jenis buku apa yang paling sering diakses sehingga bagi Anda yang membutuhkan rekomendasi buku, dapat mencarinya di daftar buku favorit ini.
  • Dengan adanya fitur e – library, ada keuntungan lain yang ditawarkan oleh aplikasi SIDIA. Diantaranya adalah adanya informasi mengenai jumlah koleksi buku atau dokumen yang sedang beredar di luar, informasi jatuh tempo peminjaman buku, hingga status masing – masing buku koleksi.
  • Dapat digunakan sebagai media pembuatan quiz (quiz creator). Adanya fitur quiz ini memungkin penggunanya untuk dapat menyimpan dan menata soal – soal yang digunakan sebagai quiz. Fitur ini juga dilengkapi dengan pengaturan tanggal pengerjaan serta pengaturan batas waktu pengerjaan soal. Soal – soal yang ada di dalam quiz pun juga dapat diedit atau ditambah oleh guru dan hasilnya dapat diunduh untuk kemudian dibagikan sebagai bahan pembelajaran bagi para siswa. Adanya fitur ini selain dapat mengetahui pemahaman siswa dengan pemberian quiz, juga sekaligus memberikan penjelasan yang lengkap oleh guru di akhir sesi.

Dengan berbagai fitur dan kelebihan SIDIA di atas, aplikasi ini dapat menjadi aplikasi edukasi anak yang lengkap bagi semua anak usia sekolah.

 

https://www.minds.com/JulesArkley/blog/click-info-best-and-professional-website-development-service-859707010750816256

https://nouw.com/julesarkley/learning-media-software-is-very-importan-34044045

http://arfadia.strikingly.com/blog/software-pendidikan-terbaik

https://aldariswati.page.tl/SIDIA-Sebagai-Software-Edukasi-dan-Media-Pengajaran-Yang-Paling-Berkualitas.htm

https://www.goodfirms.co/software/sidia/

https://arfadia.wordpress.com/2018/04/23/inilah-software-sekolah-media-pendidikan-pembelajaran-terbaik-di-indonesia/

https://www.kiwibox.com/julesarkley/blog/

http://mediaiklan.soup.io/

https://medium.com/@julesarkley

https://steemit.com/@arfadia

https://julesarkley.contently.com/

http://julesarkley.bravesites.com/

http://julesarkley.wikidot.com/blog:3